SITUS RESMI - DINAS PERHUBUNGAN - KABUPATEN KARAWANG

img
img

    You are here

    • You are here:
    • Home > Seminar di Aula Husni Hamid

Merespon perkembangan dunia industri di Kabupaten Karawang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar acara seminar di Aula Husni Hamid, Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang, Selasa (10/3/2015).

Seminar yang bertemakan 'Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Karawang dalam Menghadapi Era Industrialisasi dan Perdagangan Bebas' itu, menghadirkan beberapa orang pemateri, yaitu Prof Senator Nur Bahagia (Kepala PPLSRP ITB), Samsuri (Kepala Bappeda Karawang), Acep Jamhuri (Kepala DBMP Karawang), Setya Darma (Kepala Dishubkominfo) dan AKP Doni Wicaksono (Kasatlantas Polres Karawang).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Senator Nur Bahagia memaparkan berbagai persoalan yang menjadi kendala besar bagi dunia industri di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Karawang dan Bekasi. Untuk itu, dia memberikan beberapa solusi yang bisa dijalankan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menghadapi perdagangan bebas.

"Usulan solusi dari saya, yaitu perbaikan infrastruktur transportasi, diantaranya perbaikan jalan akses pelabuhan, jalan tol JORR 1 dilanjutkan ke pelabuhan, jalan kereta api double track dan jalan akses antar kawasan industri," ujarnya.

Ditambahkan dia, dalam menunjang aktifitas pelabuhan yang akan dibangun di Karawang, pihaknya mengharapkan untuk dintegrasikan pembangunan infrastruktur lain. Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah efektifitas dan kelancaran arus saat pelabuhan telah mulai difungsikan.

"Selain itu, harus juga dibangun Inland Port sebagai extended gate pelabuhan Tanjung Priok. Untuk penyelesaian formalitas pabean, terminal container, kartu masuk terminal, weighing, EIR dan CMS. Serta pengaturan transfer container inbound dari dan outbound ke pelabuhan, maupun closing time," ungkapnya.

Sementara itu, saat ditemui usai acara, Ketua Panitia Pelaksana Seminar, Kusnadi mengatakan, seminar sehari tersebut digagas untuk menjawab berbagai persoalan yang muncul di masyarakat, seiring dengan perkembangan dunia industri di Kabupaten Karawang saat ini. Problem ini, diakui atau tidak kata dia, sudah menjadi momok tersendiri yang selalu menghantui masyarakat dalam aktifitas kehidupannya.

"Banjir, kemacetan dan alih fungsi lahan yang terjadi selama ini, menjadi sebuah permasalahan yang harus dipecahkan. Agar ada solusi kongkrit bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, dalam melakukan percepatan pembangunan infrastruktur menghadapi persaingan perdagangan bebas di era industrialisasi," katanya.

Seminar yang diadakan PWI sebagai wujud kepedulian insan pers terhadap kemajuan Kabupaten Karawang tersebut, dihadiri oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), perwakilan kawasan industri di Karawang, perwakilan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Karawang, pengurus organisasi kemasyarakat dan perwakilan dari berbagai media massa di Karawang. (mus)

Informasi
  • Profil
  • Visi Misi
  • Media sosial
  • Gambaran Umum

 

  • DINAS PERHUBUNGAN 
  • KABUPATEN KARAWANG
  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda 20
    Kota Baru
    Kabupaten Karawang,
    Jawa Barat,
    Karawang 41374
  • Telp: (0264) 316714
  • Faks: (0264) 8386812
  • Waktu Layanan:
  • Senin-Jum'at: 08: 00 - 15: 45
    Sabtu: Tutup
    Minggu: Tutup
  •  

 

 

Visi:

"Terwujudnya Pelayanan Transportasi Yang Terintegrasi"

Untuk kunjungan yang tercakup, maka dirumuskan 5 (lima) misi yang akan dilaksanakan yaitu:

Misi:

1.  Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Mandiri di  Bidang Perhubungan.

2.  Mengimplementasikan Regulasi penyelenggaraan  Perhubungan Yang Sistematis.

3.  Menciptakan Sistem Transportasi Yang  Terpadu di Wilayah Kabupaten Karawang

4.   Meningkatkan fungsi Sarana dan Prasarana Perhubungan. 

5.  Mewujudkan Keterpaduan Layanan Penyelenggaraan  Perhubungan Yang Sinergitas dan Innovatif.

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera

Peraturan Bupati Karawang Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, dalam Pasal 4 Bab III, bahwa Dinas yang bertanggung jawab membantu Bupati untuk melakukan pembebanan yang menunjuk kepada Daerah. Pada awalnya, Dinas Perhubungan hanya melakukan tugas-tugas pokok dan fungsinya dalam bidang perhubungan, yaitu: pelayanan perizinan, penyelengaraan urusan perhubungan darat, pelayanan pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor, manajemen Terminal Angkutan Penumpang, Manajemen Perpakiran, Pengaturan, lalu lintas angkutan jalan Dinas Perhubungan baru mulai bekerja sebagian besar Pemerintah Daerah di Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun 2009 s / d 2016, banyak hal yang perlu mendapat perhatian khusus yang diperlukan dan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas-tugas dan fungsi komunikasi dan informatika, di luar itu program sasaran kebijakan dan perencanaan (reorientasi). Reorientasi sasaran bisa diterapkan dengan aturan yang sistematis, didukung oleh tenaga manusia dan profesional, yang mampu menangani tantangan berat dimasa-masa yang akan datang. Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembetukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang, Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Karawang kembali.   Dengan terbentuknya Dinas Komunikasi dan Informatika, maka tanggung jawab Dinas Perhubungan tidak lagi memperhatikan bidang komunikasi dan informatika. Tugas dan tugas Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang dalam hal-hal yang meliputi: Pelayanan perizinan, penyelengaraan perhubungan darat, layananan sungai dan laut, Layanan pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor, Manajemen Terminal Angkutan Penumpang, Manajemen Perpakiran, perhubungan.