SITUS RESMI - DINAS PERHUBUNGAN - KABUPATEN KARAWANG

img
img

    You are here

    • You are here:
    • Home > Pegawai Dishubkominfo Digembleng Moda Transportasi

13-05-2015 - Permasalahan transportasi di Karawang mulai diper­hatikan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan cakupan wilayah kabupaten ini. Pasalnya, kalau tidak segera diseriusi, maka masalah kemacetan akan sukar un­tuk ditangani seiring dengan kepadatan jumlah penduduk.

Pejabat Eselon II, III, IV hingga staff di lingkungan Di­nas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub­kominfo) Kabupaten Karawang digembleng bimbingan teknis (bintek) transportasi darat, udara dan logistik.
Dikatakan Kepala Dishubkominfo Karawang, Aip S Chalil, secara kuantitas transportasi di Karawang sudah sangat banyak, namun tidak sepadan dengan bertam­bahnya ruas jalan.
Menurutnya, Kabupaten Karawang sebagai penyangga ibu­kota akan dijadikan sebagai pusat perkembangan ekonomi. “Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) harus berkembang, termasuk manajeman tranportasinya,” tukas dia.

Aip juga mengatakan, transportasi merupakan urat nadi pembangunan, ekonomi, sosial, pendidikan dan per­tahanan keamanan. Dengan demikian, penataan dan kese­lamatan publik harus memenuhi standar. “Dengan adanya pembangunan, pasti terjadi lonjakan urban. Diharapkan moda transportasi umum menjadi andalan,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, metode pelaksanaan dalam bimtek ini dilaksanakan selama sehari yang terdiri dari 5 materi yaitu Manajemen Angkutan Barang, Manajemen Rekayasa Lalin, Andal lalin, Keselamatan Pelayaran dan Lalu Lintas Angkutan Laut.

Sumber Dana pelaksanaan Bimtek ini APBD Kabupat­en Karawang Tahun 2015, Bimtek dilakukan hanya satu hari tanggal 9 Mei 2015 di Kampus Diklat Badan Kepega­waian daerah (BKD) Karawang. “Narasumber dari Ke­mentrian Perhubungan. Peserta 32 orang Pejabat Eselon III, Sekretaris Kepala Bidang Eselon IV Kasi dan Kasubag berikut juga dengan Staff,” ujarnya. (aep)

Informasi
  • Profil
  • Visi Misi
  • Media sosial
  • Gambaran Umum

 

  • DINAS PERHUBUNGAN 
  • KABUPATEN KARAWANG
  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda 20
    Kota Baru
    Kabupaten Karawang,
    Jawa Barat,
    Karawang 41374
  • Telp: (0264) 316714
  • Faks: (0264) 8386812
  • Waktu Layanan:
  • Senin-Jum'at: 08: 00 - 15: 45
    Sabtu: Tutup
    Minggu: Tutup
  •  

 

 

Visi:

"Terwujudnya Pelayanan Transportasi Yang Terintegrasi"

Untuk kunjungan yang tercakup, maka dirumuskan 5 (lima) misi yang akan dilaksanakan yaitu:

Misi:

1.  Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Mandiri di  Bidang Perhubungan.

2.  Mengimplementasikan Regulasi penyelenggaraan  Perhubungan Yang Sistematis.

3.  Menciptakan Sistem Transportasi Yang  Terpadu di Wilayah Kabupaten Karawang

4.   Meningkatkan fungsi Sarana dan Prasarana Perhubungan. 

5.  Mewujudkan Keterpaduan Layanan Penyelenggaraan  Perhubungan Yang Sinergitas dan Innovatif.

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera

Peraturan Bupati Karawang Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, dalam Pasal 4 Bab III, bahwa Dinas yang bertanggung jawab membantu Bupati untuk melakukan pembebanan yang menunjuk kepada Daerah. Pada awalnya, Dinas Perhubungan hanya melakukan tugas-tugas pokok dan fungsinya dalam bidang perhubungan, yaitu: pelayanan perizinan, penyelengaraan urusan perhubungan darat, pelayanan pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor, manajemen Terminal Angkutan Penumpang, Manajemen Perpakiran, Pengaturan, lalu lintas angkutan jalan Dinas Perhubungan baru mulai bekerja sebagian besar Pemerintah Daerah di Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun 2009 s / d 2016, banyak hal yang perlu mendapat perhatian khusus yang diperlukan dan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas-tugas dan fungsi komunikasi dan informatika, di luar itu program sasaran kebijakan dan perencanaan (reorientasi). Reorientasi sasaran bisa diterapkan dengan aturan yang sistematis, didukung oleh tenaga manusia dan profesional, yang mampu menangani tantangan berat dimasa-masa yang akan datang. Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembetukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang, Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Karawang kembali.   Dengan terbentuknya Dinas Komunikasi dan Informatika, maka tanggung jawab Dinas Perhubungan tidak lagi memperhatikan bidang komunikasi dan informatika. Tugas dan tugas Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang dalam hal-hal yang meliputi: Pelayanan perizinan, penyelengaraan perhubungan darat, layananan sungai dan laut, Layanan pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor, Manajemen Terminal Angkutan Penumpang, Manajemen Perpakiran, perhubungan.