SITUS RESMI - DINAS PERHUBUNGAN - KABUPATEN KARAWANG

img
img

    You are here

    • You are here:
    • Home > Ali Agrem Khas Karawang

 

Ali Agrem Khas Karawang

Kue ali agrem merupakan salah satu makanan tradisional Sunda yang berasal dari Karawang, yang sekilas bentuknya mirip dengan donat karena berbentuk bulat dan bolong pada bagian tengahnya. Konon kue ini disebut ali agrem, merujuk kepada bentuknya menyerupai cincin, dimana dalam bahasa Sunda cincin adalah ali. Kue berbahan tepung beras dicampur dengan gula merah lalu digoreng ini, dahulu selalu hadir dalam berbagai acara yang berkaitan dengan tradisi yang berlangsung dalam masyarakat Sunda seperti pernikahan, khitanan, tujuh bulanan, ataupun dalam perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri.

Untuk dapat menikmati ali agrem, Anda bisa menemukannya dibeberapa pasar tradisional Sunda yang ada di Jawa Barat. Salah satu desa yang masih mengembangkan kue ali agrem ini adalah Desa Lemahmukti, di Desa Lemahmukti para pengrajin kue ali agrem masih mempertahankan resep tradisional dalam membuat kue ini, sehingga cita rasa kue ini begitu khas dan masih terjaga keasliannya. Tapi para pengrajin kue ini mengeluhkan sulitnya memasarkan kue ali agrem saat ini, karena kurangnya peminat terhadap kue ini, mereka mengaku bisa menjual kue ini jika ada pesanan untuk acara-acara besar ataupun perayaan hari besar. Kini pamor ali agrem mulai meredup seiring banyaknya kudapan dari negara lain yang masuk ke Indonesia. Padahal rasa manis ali agrem jauh lebih enak dibandingkan kue dari negara barat. Sangat disayangkan kue asli Karawang ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, mereka lebih memilih makanan ringan dari luar seperti bakpao, donat khas barat dan makanan ringan siap saji yang sudah tersedia di warung atau minimarket. Seharusnya warga Karawang menjaga dan lebih suka terhadap makanan ringan khas Karawang.

Agar warga Karawang tidak lupa dengan kue ali agrem, di bawah ini saya sajikan resep untuk membuatnya.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk kue ali agrem:

  • 1 buah Kelapa setengah tua, kupas, parut kasar, terus sangrai sampai berwarna coklat                                                       
  • 75 gra Gula Merah
  • 150 ml Air
  • 250 gr Tepung Beras
  • 75 gr Gula pasir
  • 1/4 sendok teh Garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat kue ali agrem :

  1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung beras, garam dan parutan kelapa, lalu tambahkan air dan aduk-aduk adonan hingga rata dan adonan bisa dibentuk.
  2. Ambilah 1 sendok teh adonan, lalu buatlah bentuk bulat, selanjutnya tekan bagian tengah adonan hingga membentuk lubang. Selanjutnya goreng adonan yang sudah dibentuk tadi menggunakan minyak panas hingga warna menjadi berubah kuning kecoklat-coklatan.
  3. Masukan kue cincin ke dalam larutan gula dan segera diaduk dan kue siap dinikmati. (peserta PKL)

Sumber: www.masakandapurku.com, resepdapur20.blogspot.com

 

 

 

Informasi
  • Profil
  • Visi Misi
  • Media sosial
  • Gambaran Umum

 

  • DINAS PERHUBUNGAN 
  • KABUPATEN KARAWANG
  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda 20
    Kota Baru
    Kabupaten Karawang,
    Jawa Barat,
    Karawang 41374
  • Telp: (0264) 316714
  • Faks: (0264) 8386812
  • Waktu Layanan:
  • Senin-Jum'at: 08: 00 - 15: 45
    Sabtu: Tutup
    Minggu: Tutup
  •  

 

 

Visi:

"Terwujudnya Pelayanan Transportasi Yang Terintegrasi"

Untuk kunjungan yang tercakup, maka dirumuskan 5 (lima) misi yang akan dilaksanakan yaitu:

Misi:

1.  Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Mandiri di  Bidang Perhubungan.

2.  Mengimplementasikan Regulasi penyelenggaraan  Perhubungan Yang Sistematis.

3.  Menciptakan Sistem Transportasi Yang  Terpadu di Wilayah Kabupaten Karawang

4.   Meningkatkan fungsi Sarana dan Prasarana Perhubungan. 

5.  Mewujudkan Keterpaduan Layanan Penyelenggaraan  Perhubungan Yang Sinergitas dan Innovatif.

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera

Peraturan Bupati Karawang Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, dalam Pasal 4 Bab III, bahwa Dinas yang bertanggung jawab membantu Bupati untuk melakukan pembebanan yang menunjuk kepada Daerah. Pada awalnya, Dinas Perhubungan hanya melakukan tugas-tugas pokok dan fungsinya dalam bidang perhubungan, yaitu: pelayanan perizinan, penyelengaraan urusan perhubungan darat, pelayanan pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor, manajemen Terminal Angkutan Penumpang, Manajemen Perpakiran, Pengaturan, lalu lintas angkutan jalan Dinas Perhubungan baru mulai bekerja sebagian besar Pemerintah Daerah di Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun 2009 s / d 2016, banyak hal yang perlu mendapat perhatian khusus yang diperlukan dan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas-tugas dan fungsi komunikasi dan informatika, di luar itu program sasaran kebijakan dan perencanaan (reorientasi). Reorientasi sasaran bisa diterapkan dengan aturan yang sistematis, didukung oleh tenaga manusia dan profesional, yang mampu menangani tantangan berat dimasa-masa yang akan datang. Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembetukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang, Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Karawang kembali.   Dengan terbentuknya Dinas Komunikasi dan Informatika, maka tanggung jawab Dinas Perhubungan tidak lagi memperhatikan bidang komunikasi dan informatika. Tugas dan tugas Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang dalam hal-hal yang meliputi: Pelayanan perizinan, penyelengaraan perhubungan darat, layananan sungai dan laut, Layanan pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor, Manajemen Terminal Angkutan Penumpang, Manajemen Perpakiran, perhubungan.